Rabu, 22 Februari 2023

Strategi Memasarkan Buku

 

Resume Kelas Belajar Menulis Nusantara PGRI Gelombang 28 Pertemuan Ke-20

Tanggal        : 22 Februari 2023

Tema            : Pemasaran Buku

Narasumber  : Agus Subardana, S.E., M.M

Moderator    : Purbaniasita KS, S.Pd



Setelah buku kita tercetak, apakah cukup usaha yang dilakukan? Apakah terpikir buku tersebut akan diminati orang lain? Ingatlah, tujuan menulis adalah untuk menghasilkan karya buku yang akan disajikan pada para pembaca. Secara otomatis kita harus paham sajian yang diminati oleh masyarakat. Tidak mudah membidik selera konsumen dari berbagai kalangan. Ada strategi khusus yang harus dilakukan agar buku yang kita tulis benar-benar dinikmati sebagai menu yang sangat dibutuhkan. Pada kegiatan KBMN gelombang ke-28 pertemuan ke-20 kali ini kita belajar “Pemasaran Buku", bagaimana strategi agar buku yang telah kita tulis menjadi laris manis di pasaran. Bersama narasumber hebat dengan segudang pengalaman dalam penerbitan buku, yaitu Bapak Agus Subardana, S.E., M.M. Beliau adalah seorang Direktur dan Marketing penerbit ANDI, selama 18 tahun 2 bulan beliau berkecimpung dalam dunia penerbitan. Beliau juga pernah Menjadi Dosen Tidak Tetap selama 4 tahun di STIE Wiyata Mandala  Jakarta. Riwayat pendidikan beliau yang merupakan lulusan S1 dan S2 Manajemen Pemasaran sebagai bukti keprofesionalan beliau.

 

Pada awal pemaparan Bapak Agus menyampaikan bahwa buku merupakan salah satu sumber ilmu pengetahuan dan sarana utama bagi proses pembelajaran serta sarana  penyampaian informasi. Dalam rangka mempersiapkan generasi muda yang cerdas dengan minat baca yang tinggi khususnya anak-anak, pemerintah mendorong kegiatan membaca sebagai wujud dukungan dan tindakan nyata dalam membangun budaya membaca sejak dini. Dukungan pemerintah terhadap budaya membaca buku dan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap buku, menciptakan peluang usaha bagi pengusaha yang bergerak di bidang penerbitan buku.

 

Dalam rangka untuk mempertahankan Industri Penerbitan Buku, supaya tetap terus hidup dan dapat mencapai hasil penjualan buku yang maksimal maka kita perlu  strategi pemasaran. Srategi Pemasaran biasanya hampir dipakai oleh semua wirausaha, intreprenur yang menjalankan bisnis. Strategi pemasaran penjualan buku sangat dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik. Kenapa demikian, hal ini dapat dilihat dari jenis – jenis buku yang di terbitkan. Jenis – jenis buku yang di terbitkan tersebut dikelompokan menjadi katagori buku. Salah satu contoh Penerbit ANDI Offset menerbitkan buku cukup banyak katagori produk yaitu ada 32 katagori produk buku ( Katagori buku Anak, buku Bisnis, Buku Pertanian, Buku Fiksi - Novel, Buku Pengembangan Diri, Buku Teks , dll ).

 

Dari jenis – jenis katagori buku tersebut dilakukan pemetaan berdasarkan segmentasi jenis katagori buku yang diterbitkan. Pada umumnya kegiatan pemasaran buku berkaitan dengan berkoordinasi beberapa kegiatan bisnis.  Sehingga strategi pemasaran pada umumnya di pengaruhi oleh faktor yang meliputi :

  1. Faktor Mikro, yaitu perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat.
  2. Faktor Makro yaitu demografi-ekonimi, politik-hukum, teknologi-fisik dan sosial-budaya.

 

Strategi Pemasaran buku yang telah dilakukan oleh Penerbit Andi terpetakan menjadi dua strategi pemasaran yaitu Strategi Pemasaran Buku Serangan Udara dan Strategi Pemasaran Buku Serangan Darat, dengan berlandaskan pada faktor mikro dan faktor makro tersebut di atas. Dua strategi tersebut dapat kita jelaskan secara singkat sebagai berikut :

 

A.     Strategi Pemasaran Buku Serangan Udara (On Line)

1.   Pemasaran buku lewat Online

Saat terjadi pandemi Covid 19 melanda dunia, mau gak mau kita dalam dunia bisnis harus bisa mengikuti perkembangan era digital seperti sekarang ini, bisnis tidak akan bisa             survive jika tidak mengikuti kemajuan zaman dan juga keinginan customer maka akan dipastikan usaha tidak sebaik dulu. Ketika kita ingat di zaman dulu iklan dengan brosur dan baliho besar ada dimana mana, sekarang cara mengiklan ataupun kampanye jauh lebih mudah. Kenapa bisa lebih mudah? Karena dengan adanya internet membawa perkembangan yang signifikan bagi kehidupan kita. Penerbit ANDI saat ini penggarapan pasar dengan bisnis On Line mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah digital marketing.

Digital marketing merupakan teknik pemasaran terkini, yaitu sebuah teknik memasarkan produk atau jasa dengan mengandalkan media online atau internet. Jenis-jenis digital marketing yang kita terapkan di Penerbit ANDI Offset terapkan antara lain :

a)      Content marketing adalah salah satu jenis digital marketing yang berfokus pada pembuatan dan pendistribusian konten untuk target pasar tertentu. Tujuannya adalah untuk menarik aksi menguntungkan dari calon pembeli potensial. Ada banyak pilihan content marketing mulai dari blog, podcast, infografik, dan lainnya.

 

b)      Search Engine Optimization (SEO). SEO bisa menjadi strategi menarik pengguna internet untuk mengunjungi website Penerbit Andi Offset (andipublisher.com) dan kemudian membeli produk yang kita tawarkan.

 

c)      Search Engine Marketing (SEM) merupakan upaya untuk mengoptimasi website di mesin pencari, Search Engine Marketing (SEM) merupakan strategi pemasaran digital yang bertujuan meningkatkan visibilitas website di hasil pencarian mesin pencari atau yang dikenal dengan istilah SERP.

 

d)      Social media marketing memanfaatkan berbagai platform media sosial untuk promosi dan pemasaran suatu brand. Kita bisa menerapkan social media marketing di beberapa platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Tiktok dan lainnya.

Kadang - kadang supaya lebih menarik salah satu metode promosi jualan online yang sering dilakukan oleh pedagang adalah dengan membuat pantun jualan. Pantun sebagai sarana promosi jualan online juga sangat ampuh untuk menarik calon konsumen, khususnya anak muda. Apalagi, hampir semua orang saat ini sudah sangat fasih menggunakan media sosial sehingga pemasarannya jauh lebih mudah.

Contoh pantun Jualan di Media Sosial supaya menarik perhatian :

Di taman ada banyak kumbang

Di kali banyak buaya

Janganlah ragu ataupun bimbang

Toko online ini bisa dipercaya

 

e)      Email Marketing. Strategi marketing yang satu ini menggunakan media email untuk bisa menjangkau lebih banyak pelanggan.

 

f)       Instant messaging marketing bisa menjadi pertimbangan kami saat hendak melakukan promosi dan pemasaran produk secara online. Ini merupakan tren komunikasi masa kini, di mana kami bisa memanfaatkan penggunaan Whatsapp, Facebook Messenger, WeChat, dan platform messenger lainnya.

 

g)      Influencer Marketing . Kehadiran influencer membawa pengaruh besar pada para fans dan pengikutnya. Orang-orang akan lebih tertarik menggunakan barang yang digunakan atau ditawarkan oleh seorang influencer.

 

h)      Video marketing untuk melengkapi strategi pemasaran digital yang sedang dijalankan. Video menjadi salah satu media yang bisa kami gunakan untuk tujuan promosi dan pemasaran.

 

i)       Penerbit Andi Offset mempunyai Chanel TV Youtube Nama Chanel Youtube TV. ANDI AKADEMI, Pemasaran melalui channel Youtube  juga dinilai sangat efektif karena orang-orang menghabiskan waktu yang lumayan lama di hp android . Saat ini bahkan kita bisa menonton acara secara online melalui layanan live streaming.

 

Untuk penjualan buku lewat Online ini kita harus terus proaktive untuk terus promosi , supaya kita dapat :

-     Menyebarkan informasi produk secara masif kepada target pasar potensial

-     Mendapatkan konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang sudah sehingga kesetiaan konsumen terjaga.

-     Menjaga kesetabilan penjualan saat kondisi pasar lagi lesu

-     Menaikkan penjualan dan profit

-     Membandingkan dan keunggulan produk dibandingkan dengan pesaing

-     Membentuk citra produk dibenak mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan

-     Mengubah tingkah laku , persepsi dan pendapat konsumen

 

Pemasaran Buku Lewat Komunitas

Kita tentunya punya komunitas masing – masing sesuai dengan kapasitas kita untuk membentuk komunitas dan relasi , maka gunakanlah jaringan komunitas kita untuk sarana promosi dan penjualan buku . Penjualan lewat komunitas  akan lebih efektive dan efisien sehingga tingkat keberhasilan nya lebih tinggi penjualan buku yang kita tawarkan. Kuncinya kita harus proaktive komunikasi dan interaksi dengan komunitas serta dapat menjaga integritas pribadi kita.

Contoh : Komunitas Arisan, Komunitas Guru , Pelajar , Mahasiswa dll

 

 

B.     Strategi pemasaran buku serangan Darat (OF LINE ).

Strategi pemasaran buku serangan darat ini kita kelompokkan berdasarkan target pasar yang kita tuju , antara lain :

1.   Toko Buku

Penerbit Buku yang mampu memproduksi sendiri dan mempunyai mesin percetakan sendiri , sebagian besar sebagai pemasok Toko buku di Indonesia. Untuk bisa masuk dan sebagai pemasok rutin di toko buku maka  kita perlu pemetaan jenis toko buku. Toko buku ini kita petakan menjadi tiga jenis yaitu Toko Buku Modern, Toko Buku Semi Modern, dan Toko Buku Tradisional. 

Kenapa kita perlu petakan jenis toko buku tersebut , hal ini dikarenakan tiap jenis toko buku tersebut mempunyai sistem administrasi dan tempat yang berbeda. Contoh toko buku modern yaitu Gramedia Books Store, Gunung Agung Books Store dan TogaMas Books Store. Toko Modern ini mempunyai sistem transaksi mengikuti perkembangan teknologi yang dapat dikendalikan dengan sistem centralisasi dan sebagainya. Adapun toko buku semi modern biasanya masih dikendalikan dan mengunakan sistem administasi penjualan per toko. Sedangakan Toko Tradisional biasanya sistem transaksinya masih manual. Untuk itu saluran toko buku tersebut di atas masih dijadikan jalur distribusi oleh para Penerbit buku dengan sistem titip jual / konsinyasi, kecuali toko buku tradisional diberlakukan kredit dan jual putus.

 

Strategi Promosi di toko buku Modern ada berbagai macam cara yang perlu kita lakukan, antara lain :

-   Menguasai display buku , supaya tampilan buku dapat terlihat dan menonjol .

-   Mengadakan promosi di internal toko dengan memasang produk di Neon Box, X Banner

-   Mengadakan Bedah Buku , Talkshow dan potongan Harga pada buku tertentu atau periode tertentu.

-   Mengadakan event tematik sesuai moment bulan berjalan (program Ramadhan,  Program TAB, Program TAM , dll )

-   Dan masih banyak lagi program promosi di toko buku modern yang dapat kita lakukan , kuncinya kita proaktive komunikasi dengan pihak internal Toko Buku modern tersebut.



Contoh Display Buku yang menarik



             Promo Discount

 

 2.   Direct Selling / Kunjungan Langsung

Pemasaran Buku melalui Directselling ini kita petakan berdasarkan jenis katagori buku yang kita terbitkan . Jenis Katagori buku penjualan lewat Directselling ini kita bagi menjadi beberapa target pasar yaitu :

-   Buku Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK).

-   Buku Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata kualiah

-   Buku Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum

Dengan pemetaan jenis katagori tersebut diatas maka kami sebagai Industri Penerbitan buku melakukan terobosan pemasaran dengan menempatkan tenaga penjual (Sales). Tugas Tenaga Penjual / sales tersebut kita beri tanggungjawab target sesuai maping areanya masing – masing yang bertugas :

-   Kunjungan langsung ke tiap sekolah

-   Kunjungan langsung ke setiap kampus

-   Kunjungan langsung ke setiap Perpustakaan sekolah, Perpus Kampus, Perpustaan Daerah dll.

-   Dengan kunjungan langsung tersebut diharapkan dapat berinteraksi dengan membangun hubungan yang baik dengan pihak Internal Sekolah, Kampus, Perpustakaan dll. Sehingga dampaknya hasil penjualan buku dapat meningkat.

 

3.   Melakukan Event – Event

Aktive dalam melakukan event – event  seperti event Pameran buku, dalam seminar, workshop, Tryout, dan sebagainya.

 

Pada sesi tanya jawab kali ini, ada 11 pertanyaan yang diulas, berikut cuplikan dua pertanyaan :

 

P1

Endang Ratna Juwita Asal Bogor

Pertanyaan:

1.Apa yang harus kita lskukan /persiapkan agar buku kita bisa di pasarkan?

2.Jenis buku seperti apa  yang banyak peminatnya?

3.Apakah ketebalan buku dan isi berpengaruh kepada minat beli pembaca?

Terima kasih Pak🙏

Jawab :

Jika buku sudah diterima oleh penerbit, buku tersebut akan didistribusikan ke seluruh toko. Penerbit akan menyiapkan promosi berupa brosur, liflet, promo, dan lain-lain. Jenis-jenis buku yang banyak peminatnya adalah novel, fiksi, pengembangan diri, motivasi, cerita, buku anak, buku religi, dan lain-lain. Ketebalan buku tidak berpengaruh signifikan terhadap minat pembaca sedangkan isi sangat mempengaruhi minat pembaca, untuk harga sangat mempengaruhi minat pembaca.

 

P2

Saya Evridus Mangung peserta KBMN dari NTT.

Content marketing adalah salah satu jenis digital marketing yang berfokus pada pembuatan dan pendistribusian konten untuk target pasar tertentu. Tujuannya adalah untuk menarik aksi menguntungkan dari calon pembeli potensial. Ada banyak pilihan content marketing mulai dari blog, podcast, infografik, dan lainnya. Pertanyaannya bagaimana cara agar content yang kita miliki bisa dilihat banyak orang? Salam

Jawab :

Pertama yang harus dilakukan agar konten kita banyak diminati banyak orang adalah memetakan konten yang sednag viral atau ngetren. Kedua aktif di website aktif tanya jawab antara konsumen dan produsen. Aktif di sosmed dan mempunyai influencer, influencer ini yang akan membantu mempromosikan konten kita. Konten yang kita miliki harus mempunyai judul yang menarik dengan gambar/ video yang menarik. Konten yang kita miliki harus bisa mendefinisikan audien yang kita sasar/ target audien kita siapa, pekerjaan, usia, dll. Terakhir distribusikan konten tersebut secara masif di berbagai sosial media.

Kesempatan kali ini Bapak Agus Subardana, S.E., M.M menutup pertemuan dengan sebuah pantun :

Manis kehidupan adalah rupa ujian

Hatilah yang harus selalu sadar menempatkan

Jenis tulisan adalah cara penyampaian

Pilihlah yang membuatmu merasa nyaman

 

Kesimpulan materi yang disampaikan Bapak Agus merupakan rahasia dapur Penerbit Andi sehingga bisa bertahan di tengah gempuran media sosial yang masif saat ini untuk tetap konsisten menerbitkan buku. Strategi-strategi yang disampaikan narasumber di atas sangat aplikatif sehingga membuat kita semakin terbimbing untuk memasarkan karya-karya yang telah kita buat dan dikenal oleh banyak orang. Semua orang adalah penjual, semua profesi membutuhkan keterampilan menjual, maka jangan ragu dan takut untuk menjadi marketing atas karya kita sendiri. Terakhir saya ucapkan terimakasih banyak kepada Bapak Agus Subandana, S.E., M.M atas paparan materi yang luar biasa, semoga menjadi amal jariyah untuk beliau. Amin. Tak lupa kita berdo’a semoga kita semua selalu bersemangat untuk menulis apapun setiap hari dan merasakan keajaiban datang, menghasilkan karya dan bisa menginspirasi orang banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar