Resume Kelas Belajar Menulis Nusantara PGRI Gelombang 28 Pertemuan Ke-20
Tanggal :
22 Februari 2023
Tema :
Pemasaran Buku
Narasumber :
Agus Subardana, S.E., M.M
Moderator :
Purbaniasita KS, S.Pd
Setelah buku kita tercetak, apakah cukup usaha
yang dilakukan? Apakah terpikir buku tersebut akan diminati orang lain? Ingatlah,
tujuan menulis adalah untuk menghasilkan karya buku yang akan disajikan pada
para pembaca. Secara otomatis kita harus paham sajian yang diminati oleh
masyarakat. Tidak mudah membidik selera konsumen dari berbagai kalangan. Ada
strategi khusus yang harus dilakukan agar buku yang kita tulis benar-benar
dinikmati sebagai menu yang sangat dibutuhkan. Pada kegiatan KBMN gelombang
ke-28 pertemuan ke-20 kali ini kita belajar “Pemasaran Buku", bagaimana
strategi agar buku yang telah kita tulis menjadi laris manis di pasaran. Bersama
narasumber hebat dengan segudang pengalaman dalam penerbitan buku, yaitu Bapak
Agus Subardana, S.E., M.M. Beliau adalah seorang Direktur dan Marketing
penerbit ANDI, selama 18 tahun 2 bulan beliau berkecimpung dalam dunia
penerbitan. Beliau juga pernah Menjadi Dosen Tidak Tetap selama 4 tahun di STIE
Wiyata Mandala Jakarta. Riwayat
pendidikan beliau yang merupakan lulusan S1 dan S2 Manajemen Pemasaran sebagai
bukti keprofesionalan beliau.
Pada awal pemaparan Bapak Agus menyampaikan
bahwa buku merupakan salah satu sumber ilmu pengetahuan dan sarana utama bagi
proses pembelajaran serta sarana
penyampaian informasi. Dalam rangka mempersiapkan generasi muda yang
cerdas dengan minat baca yang tinggi khususnya anak-anak, pemerintah mendorong
kegiatan membaca sebagai wujud dukungan dan tindakan nyata dalam membangun
budaya membaca sejak dini. Dukungan pemerintah terhadap budaya membaca buku dan
meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap buku, menciptakan peluang usaha bagi
pengusaha yang bergerak di bidang penerbitan buku.
Dalam rangka untuk mempertahankan Industri
Penerbitan Buku, supaya tetap terus hidup dan dapat mencapai hasil penjualan
buku yang maksimal maka kita perlu
strategi pemasaran. Srategi Pemasaran biasanya hampir dipakai oleh semua
wirausaha, intreprenur yang menjalankan bisnis. Strategi pemasaran penjualan
buku sangat dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik. Kenapa demikian, hal ini
dapat dilihat dari jenis – jenis buku yang di terbitkan. Jenis – jenis buku
yang di terbitkan tersebut dikelompokan menjadi katagori buku. Salah satu
contoh Penerbit ANDI Offset menerbitkan buku cukup banyak katagori produk yaitu
ada 32 katagori produk buku ( Katagori buku Anak, buku Bisnis, Buku Pertanian,
Buku Fiksi - Novel, Buku Pengembangan Diri, Buku Teks , dll ).
Dari jenis – jenis katagori buku tersebut dilakukan
pemetaan berdasarkan segmentasi jenis katagori buku yang diterbitkan. Pada
umumnya kegiatan pemasaran buku berkaitan dengan berkoordinasi beberapa
kegiatan bisnis. Sehingga strategi
pemasaran pada umumnya di pengaruhi oleh faktor yang meliputi :
- Faktor Mikro, yaitu perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat.
- Faktor Makro yaitu demografi-ekonimi, politik-hukum, teknologi-fisik dan sosial-budaya.
Strategi Pemasaran buku yang telah dilakukan
oleh Penerbit Andi terpetakan menjadi dua strategi pemasaran yaitu Strategi Pemasaran
Buku Serangan Udara dan Strategi Pemasaran Buku Serangan Darat, dengan
berlandaskan pada faktor mikro dan faktor makro tersebut di atas. Dua strategi
tersebut dapat kita jelaskan secara singkat sebagai berikut :
A. Strategi Pemasaran Buku Serangan
Udara (On Line)
1.
Pemasaran
buku lewat Online
Saat terjadi pandemi Covid 19 melanda dunia,
mau gak mau kita dalam dunia bisnis harus bisa mengikuti perkembangan era
digital seperti sekarang ini, bisnis tidak akan bisa survive jika tidak mengikuti kemajuan zaman dan juga
keinginan customer maka akan dipastikan usaha tidak sebaik dulu. Ketika kita ingat
di zaman dulu iklan dengan brosur dan baliho besar ada dimana mana, sekarang
cara mengiklan ataupun kampanye jauh lebih mudah. Kenapa bisa lebih mudah?
Karena dengan adanya internet membawa perkembangan yang signifikan bagi
kehidupan kita. Penerbit ANDI saat ini penggarapan pasar dengan bisnis On Line
mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah digital marketing.
Digital marketing merupakan teknik pemasaran
terkini, yaitu sebuah teknik memasarkan produk atau jasa dengan mengandalkan
media online atau internet. Jenis-jenis digital marketing yang kita terapkan di
Penerbit ANDI Offset terapkan antara lain :
a)
Content
marketing adalah salah satu jenis digital marketing yang berfokus pada
pembuatan dan pendistribusian konten untuk target pasar tertentu. Tujuannya
adalah untuk menarik aksi menguntungkan dari calon pembeli potensial. Ada
banyak pilihan content marketing mulai dari blog, podcast, infografik, dan
lainnya.
b)
Search
Engine Optimization (SEO). SEO bisa menjadi strategi menarik pengguna internet
untuk mengunjungi website Penerbit Andi Offset (andipublisher.com) dan kemudian
membeli produk yang kita tawarkan.
c)
Search
Engine Marketing (SEM) merupakan upaya untuk mengoptimasi website di mesin
pencari, Search Engine Marketing (SEM) merupakan strategi pemasaran digital
yang bertujuan meningkatkan visibilitas website di hasil pencarian mesin
pencari atau yang dikenal dengan istilah SERP.
d)
Social
media marketing memanfaatkan berbagai platform media sosial untuk promosi dan
pemasaran suatu brand. Kita bisa menerapkan social media marketing di beberapa
platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Tiktok dan lainnya.
Kadang - kadang supaya lebih menarik salah
satu metode promosi jualan online yang sering dilakukan oleh pedagang adalah
dengan membuat pantun jualan. Pantun sebagai sarana promosi jualan online juga
sangat ampuh untuk menarik calon konsumen, khususnya anak muda. Apalagi, hampir
semua orang saat ini sudah sangat fasih menggunakan media sosial sehingga
pemasarannya jauh lebih mudah.
Contoh pantun Jualan di Media Sosial supaya
menarik perhatian :
Di taman ada banyak kumbang
Di kali banyak buaya
Janganlah ragu ataupun bimbang
Toko online ini bisa dipercaya
e)
Email
Marketing. Strategi marketing yang satu ini menggunakan media email untuk bisa
menjangkau lebih banyak pelanggan.
f)
Instant
messaging marketing bisa menjadi pertimbangan kami saat hendak melakukan
promosi dan pemasaran produk secara online. Ini merupakan tren komunikasi masa
kini, di mana kami bisa memanfaatkan penggunaan Whatsapp, Facebook Messenger,
WeChat, dan platform messenger lainnya.
g)
Influencer
Marketing . Kehadiran influencer membawa pengaruh besar pada para fans dan
pengikutnya. Orang-orang akan lebih tertarik menggunakan barang yang digunakan
atau ditawarkan oleh seorang influencer.
h)
Video
marketing untuk melengkapi strategi pemasaran digital yang sedang dijalankan.
Video menjadi salah satu media yang bisa kami gunakan untuk tujuan promosi dan
pemasaran.
i)
Penerbit
Andi Offset mempunyai Chanel TV Youtube Nama Chanel Youtube TV. ANDI AKADEMI,
Pemasaran melalui channel Youtube juga
dinilai sangat efektif karena orang-orang menghabiskan waktu yang lumayan lama
di hp android . Saat ini bahkan kita bisa menonton acara secara online melalui
layanan live streaming.
Untuk penjualan buku lewat Online ini kita
harus terus proaktive untuk terus promosi , supaya kita dapat :
- Menyebarkan
informasi produk secara masif kepada target pasar potensial
- Mendapatkan
konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang sudah sehingga kesetiaan
konsumen terjaga.
- Menjaga
kesetabilan penjualan saat kondisi pasar lagi lesu
- Menaikkan
penjualan dan profit
- Membandingkan
dan keunggulan produk dibandingkan dengan pesaing
- Membentuk
citra produk dibenak mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan
- Mengubah
tingkah laku , persepsi dan pendapat konsumen
Pemasaran Buku Lewat Komunitas
Kita tentunya punya komunitas masing – masing
sesuai dengan kapasitas kita untuk membentuk komunitas dan relasi , maka
gunakanlah jaringan komunitas kita untuk sarana promosi dan penjualan buku .
Penjualan lewat komunitas akan lebih
efektive dan efisien sehingga tingkat keberhasilan nya lebih tinggi penjualan
buku yang kita tawarkan. Kuncinya kita harus proaktive komunikasi dan interaksi
dengan komunitas serta dapat menjaga integritas pribadi kita.
Contoh : Komunitas Arisan, Komunitas Guru ,
Pelajar , Mahasiswa dll
B. Strategi pemasaran buku serangan Darat (OF LINE ).
Strategi pemasaran buku serangan darat ini
kita kelompokkan berdasarkan target pasar yang kita tuju , antara lain :
1.
Toko Buku
Penerbit Buku yang mampu memproduksi sendiri
dan mempunyai mesin percetakan sendiri , sebagian besar sebagai pemasok Toko
buku di Indonesia. Untuk bisa masuk dan sebagai pemasok rutin di toko buku
maka kita perlu pemetaan jenis toko
buku. Toko buku ini kita petakan menjadi tiga jenis yaitu Toko Buku Modern,
Toko Buku Semi Modern, dan Toko Buku Tradisional.
Kenapa kita perlu petakan jenis toko buku
tersebut , hal ini dikarenakan tiap jenis toko buku tersebut mempunyai sistem
administrasi dan tempat yang berbeda. Contoh toko buku modern yaitu Gramedia
Books Store, Gunung Agung Books Store dan TogaMas Books Store. Toko Modern ini
mempunyai sistem transaksi mengikuti perkembangan teknologi yang dapat
dikendalikan dengan sistem centralisasi dan sebagainya. Adapun toko buku semi
modern biasanya masih dikendalikan dan mengunakan sistem administasi penjualan
per toko. Sedangakan Toko Tradisional biasanya sistem transaksinya masih manual.
Untuk itu saluran toko buku tersebut di atas masih dijadikan jalur distribusi
oleh para Penerbit buku dengan sistem titip jual / konsinyasi, kecuali toko
buku tradisional diberlakukan kredit dan jual putus.
Strategi Promosi di toko buku Modern ada
berbagai macam cara yang perlu kita lakukan, antara lain :
- Menguasai
display buku , supaya tampilan buku dapat terlihat dan menonjol .
- Mengadakan
promosi di internal toko dengan memasang produk di Neon Box, X Banner
- Mengadakan
Bedah Buku , Talkshow dan potongan Harga pada buku tertentu atau periode
tertentu.
- Mengadakan
event tematik sesuai moment bulan berjalan (program Ramadhan, Program TAB, Program TAM , dll )
- Dan
masih banyak lagi program promosi di toko buku modern yang dapat kita lakukan ,
kuncinya kita proaktive komunikasi dengan pihak internal Toko Buku modern
tersebut.
Contoh Display Buku yang menarik
Promo Discount
Pemasaran Buku melalui Directselling ini kita
petakan berdasarkan jenis katagori buku yang kita terbitkan . Jenis Katagori
buku penjualan lewat Directselling ini kita bagi menjadi beberapa target pasar
yaitu :
- Buku
Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD,
SMP, SMA, SMK).
- Buku
Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata kualiah
- Buku
Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum
Dengan pemetaan jenis katagori tersebut
diatas maka kami sebagai Industri Penerbitan buku melakukan terobosan pemasaran
dengan menempatkan tenaga penjual (Sales). Tugas Tenaga Penjual / sales
tersebut kita beri tanggungjawab target sesuai maping areanya masing – masing
yang bertugas :
- Kunjungan
langsung ke tiap sekolah
- Kunjungan
langsung ke setiap kampus
- Kunjungan
langsung ke setiap Perpustakaan sekolah, Perpus Kampus, Perpustaan Daerah dll.
- Dengan
kunjungan langsung tersebut diharapkan dapat berinteraksi dengan membangun
hubungan yang baik dengan pihak Internal Sekolah, Kampus, Perpustakaan dll.
Sehingga dampaknya hasil penjualan buku dapat meningkat.
3.
Melakukan
Event – Event
Aktive dalam melakukan event – event seperti event Pameran buku, dalam seminar,
workshop, Tryout, dan sebagainya.
Pada sesi tanya jawab kali ini, ada 11
pertanyaan yang diulas, berikut cuplikan dua pertanyaan :
P1
Endang Ratna Juwita Asal Bogor
Pertanyaan:
1.Apa yang harus kita lskukan /persiapkan
agar buku kita bisa di pasarkan?
2.Jenis buku seperti apa yang banyak peminatnya?
3.Apakah ketebalan buku dan isi berpengaruh
kepada minat beli pembaca?
Terima kasih Pak🙏
Jawab :
Jika buku sudah diterima oleh penerbit, buku
tersebut akan didistribusikan ke seluruh toko. Penerbit akan menyiapkan promosi
berupa brosur, liflet, promo, dan lain-lain. Jenis-jenis buku yang banyak
peminatnya adalah novel, fiksi, pengembangan diri, motivasi, cerita, buku anak,
buku religi, dan lain-lain. Ketebalan buku tidak berpengaruh signifikan
terhadap minat pembaca sedangkan isi sangat mempengaruhi minat pembaca, untuk
harga sangat mempengaruhi minat pembaca.
P2
Saya Evridus Mangung peserta KBMN dari NTT.
Content marketing adalah salah satu jenis
digital marketing yang berfokus pada pembuatan dan pendistribusian konten untuk
target pasar tertentu. Tujuannya adalah untuk menarik aksi menguntungkan dari
calon pembeli potensial. Ada banyak pilihan content marketing mulai dari blog,
podcast, infografik, dan lainnya. Pertanyaannya bagaimana cara agar content
yang kita miliki bisa dilihat banyak orang? Salam
Jawab :
Pertama yang harus dilakukan agar konten kita
banyak diminati banyak orang adalah memetakan konten yang sednag viral atau
ngetren. Kedua aktif di website aktif tanya jawab antara konsumen dan produsen.
Aktif di sosmed dan mempunyai influencer, influencer ini yang akan membantu
mempromosikan konten kita. Konten yang kita miliki harus mempunyai judul yang
menarik dengan gambar/ video yang menarik. Konten yang kita miliki harus bisa
mendefinisikan audien yang kita sasar/ target audien kita siapa, pekerjaan,
usia, dll. Terakhir distribusikan konten tersebut secara masif di berbagai
sosial media.
Kesempatan kali ini Bapak Agus Subardana, S.E.,
M.M menutup pertemuan dengan sebuah pantun :
Manis kehidupan adalah rupa ujian
Hatilah yang harus selalu sadar menempatkan
Jenis tulisan adalah cara penyampaian
Pilihlah yang membuatmu merasa nyaman
Kesimpulan materi yang disampaikan
Bapak Agus merupakan rahasia dapur Penerbit Andi sehingga bisa bertahan di
tengah gempuran media sosial yang masif saat ini untuk tetap konsisten
menerbitkan buku. Strategi-strategi yang disampaikan narasumber di atas sangat
aplikatif sehingga membuat kita semakin terbimbing untuk memasarkan karya-karya
yang telah kita buat dan dikenal oleh banyak orang. Semua orang adalah penjual,
semua profesi membutuhkan keterampilan menjual, maka jangan ragu dan takut untuk
menjadi marketing atas karya kita sendiri. Terakhir saya ucapkan terimakasih
banyak kepada Bapak Agus Subandana, S.E., M.M atas paparan materi yang luar
biasa, semoga menjadi amal jariyah untuk beliau. Amin. Tak lupa kita berdo’a
semoga kita semua selalu bersemangat untuk menulis apapun setiap hari dan
merasakan keajaiban datang, menghasilkan karya dan bisa menginspirasi orang
banyak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar